Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam Semesta, Ciri-Ciri dan Pengertiannya

Sunanesia.com – Teks deskripsi digunakan untuk menggambarkan sesuatu hal, selain itu teks ini berisi rangkaian paragraf yang membahas objek.

Sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dijabarkan oleh penulis.

Deskripsi berasal dari bahasa latin describere berarti menggambarkan. Dalam bahasa Inggris kata description berkaitan kata to describe yang berarti melukiskan.

Langkah awal, penulis perlu melakukan identifikasi pada benda atau peristiwa yang akan dijadikan bahan tulisan.

Caranya, dengan mengamati menggunakan panca indra dan pengalaman. Deskripsi berisi penggambaran terhadap sesuatu hal yang berdasarkan apa yang dilihat, dirasakan, dan diraba.

Pengertian Teks Deskripsi dan Contohnya

Deskripsi adalah bentuk karangan yang melukiskan sesuatu hal yang sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Sehingga pembaca tulisan deskripsi dapat melihat, mendengar, dan merasakan apa yang penulis tuliskan.

Melalui pengalaman dan bantuan panca indera tersebut, penulis bisa merangkai kalimat demi kalimat untuk menjadi satu teks utuh.

Contoh teks deskripsi, semisal tentang destinasi wisata alam, deskripsi kamar tidur dan deskripsi rumah.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi di Lihat Dari Isinya

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri yang sangat berbeda dari teks-teks lainnya. Berikut ini ciri-ciri teks deskripsi secara umum di Lihat dari Isinya:

  • Menggambarkan atau menjelaskan sesuatu hal
  • Penjelasan secara mendetail serta melibatkan panca indera
  • Berusaha membuat pembaca atau pendengar merasakan adegan dalam teks
  • Melibatkan panca indera agar membuat pembaca paham
  • Kalimatnya terfokus pada satu hal tertentu
  • Selain ciri-ciri umum, ada juga ciri objek, tujuan, dan ciri isi teks deskripsi.

CONTOH TEKS DESKRIPSI TENTANG ALAM SEMESTA

Matahari adaah pusat dari tata surya yang ada di galaksi bima sakti. Semua komponen tata surya, seperti planet kecil, asteroid, komet, pasti mengelilingi matahari. Bentuk matahari bulat dengan diameter 109 kali lebih besar dari diameter bumi.

Massa matahari terdiri dari zat kimia hidrogen dan helium, sisanya oksigen, besi, neon, dan lain-lain. Matahari memiliki suhu yang terpanas dan dapat dikatakan luar biasa panasnya. Panas inti matahari mencapai lebih dari 15 juta derajat celcius. Di mana suhu permukaan terluar matahari mencapai 5.726 derajat celcius.

Dengan panas yang mencapai 15 juta derajat celcius tersebuy, menandakan bahwa matahari memiliki suhu 150 kali lipat lebih panas dibandingkan dengan air yang sedang mendidih di planet bumi. Jari-jari matahari memiliki ukuran kurang lebih 696 ribu kilometer.

Tekanan gravitasi yang dimiliki matahari dapat dikatakan sangat tinggi daripada yang lainnya. Ditambah dengan efek reaksi inti matahari juga dapat menghasilkan energi yang luar biasa besarnya. Pada akhirnya, energi besar ini dilepaskan ke angkasa dan bisa dapat dirasakan sampai di bumi panasnya.

Energi yang berasal dari matahari ini dapat digunakan untuk mendukung kehidupan manusia yang ada di bumi semisal menjemur pakaian dan penerang alami. Manusia dan tumbuh-tumbuhanlah yang menggunakan energi matahari pertama di bumi. Maka dapat dikatakan bahwa matahar merupakan sumber energi yang paling penting bagi semua makhluk hidup di bumi.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam 4 Paragraf

Pada malam hari, ketika Anda melihat ke atas langit yang luas pasti akan nampak cahaya gemerlap dalam jumlah yang amat banyak. Tahukah Anda bahwa cahaya itu merupakan bintang. Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya.

Bintang mampu menghasilkan cahaya sendiri, namun ada juga yang cahaya dipancarkan dari pantulan bintang lain. Bintang yang dapat menghasilkan cahaya sendiri ini dijuluki bintang nyata.

Sedangkan, bintang yang tidak dapat menghasilkan cahaya dan hanya berupa pantulan dari bintang lain dinamakan bintang semu. Matahari merupakan salah satu jenis bintang yang jaraknya paling dekat dengan bumi.

Ada jug bintang yang jaraknya jauh dari bumi, hanya nampak seperti titik yang bersinar di langit luas. Walaupun bintang ini berada jauh dari bumi, namun keindahannya di memberikan pemandangan yang indah di langit.

Demikianlah contoh teks deskripsi semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua amin.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *