Promo

Bukan Al Waqiah, Ini 5 Surat dengan Keutamaan Segudang Jika Diamalkan

Sunanesia.com – Kali ini admin akan berbagi informasi tentang 5 Surat dalam Al Quran yang memiliki segudang keutamaan jika diamalkan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap Surat dalam Al-Quran pasti memiliki fadhilah yang dahsyat apabila diamalkan dengan istiqomah.

Seperti 5 Surat dalam Al Quran yang akan kami sampaikan dibawah ini, salah satu keutamaannya akan terlepas dari kesusahan duniawi.

Dirangkum sunanesia.com dari berbagai sumber berikut 5 surat dalam Al Quran yang memiliki keutamaan dan Fadhilah luar biasa.

  1. Surat Al Kafirun

Bagi pembaca Surah Al Kafirun perumpamaan nya seperti membaca seperempat Al Quran, namun dengan catatan dibawah ini

Namun di samping terlepas dari syirik, kemudian juga terjauh dari godaan setan dan terlepas dari peristiwa yang mengejutkan (Riwayat At-Tarmizi).

Waktu yang tepa membaca Surat Al Kafirun yakni sebelum tidur, bacalah surat ini agar kita mati dalam keadaan iman serta membersihkan kotoran dalam diri kita.

  1. Surat Al Mulk

Selanjutnya ada Surah Al Mulk yang memiliki Fadhilah yang sangat besar bagi orang yang mengamalkan dan membacanya secara istiqomah.

Menurut hadist Rasulullah SAW, dengan membacakan surat ini, akan mendapat syafaat dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.

Kemudian jika membaca setiap malam, maka insya’Allah, akan selamat dari azab kubur.

  1. Surat Al Ikhlas

Rasulullah SAW pernah bersabda kepada Siti Aisyah yang artinya:

“Wahai Aisyah isteri ku, sebelum kamu tidur, khatamlah dulu Al-Qur’an.”

Siti Aisyah lantas menjawab, “Wahai suamiku, saya tidak mampu khatam Al Quran sebanyak 30 juz itu.”

Setelah mendengar kata-kata Siti Aisyah, Rasulullah saw tersenyum lalu menjawab,

“Barangsiapa yang membaca 3 kali sebelum tidur, seolah-olah ia telah khatam Al-Qur’an keseluruhan.”

Dalam kisah lain Rasulullah SAW pernah bersabda kepada Ali ra,

“Barangsiapa hendak pergi bepergian, kemudian ketika dia hendak meninggalkan rumahnya, ia membaca surat Al-Ikhlas 11 kali, maka Allah memelihara rumahnya sampai ia kembali.”

Ibnu Said Al-Khanafi menjelaskan: “Surah ini dinamakan Surah Al-Ikhlas, artinya bersih. Maka bagi yang membaca dan mengamalkan dengan hati yang ikhlas, maka ia akan dilepaskan kesusahan duniawi, dimudahkan ketika sakratulmaut, dihindarkan dari kegelapan kubur dan sakit pada hari kiamat. “

  1. Surat Al Falaq

Siti Aisyah menjelaskan: “Bahwa Rasulullah SAW pada setiap malam ketika hendak tidur, beliau membaca Surah Al Ikhlas, Surah Al Falaq dan Surah An-Nas lalu ditiupkan pada kedua telapak tangan, kemudian dioleskan ke seluruh tubuh dan kepala.”

Barang siapa terkena penyakit yang disebabkan olah gangguan syaitan atau manusia, maka bacalah Surah Al-Falaq dan Surah An Nas sebanyak 41 kali selama 3 hari, 5 hari atau 7 hari berturut-turut.

Lalu jika takut dalam kegelapan malam dan takut kejahatan manusia, bacalah Surah Al Falaq dan Surah An Nas sebanyak 100 kali.

  1. Surat An Nas

Surat An Nas adalah surat yang terakhir (ke-114) dalam Al Quran dan termasuk Kerala golongan surat Makkiyah karena turun di Kota Mekkah.

An Nas berasal dari kata An Nas yang berulang kali disebut dalam surat ini, memiliki arti manusia.

Surat ini menjelaskan bagaimana Allah mengatur manusia agar terhindar dari godaan setan baik yang berasal dari golongan manusia maupun jin.

Surah An Nas ini juga merupakan penerang hati. bacalah secara istiqomah setiap selepas sholat fardu lima waktu.

Demikian Surat yang memiliki keutamaan dan Fadhilah yang luar biasa yang diajarkan Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat bagi kita semua***

Mungkin Anda Suka