Sejarah Leptop: Fungsi, Komponen, Kegunaan, dan Perawatan Lengkap

Leptop adalah alat komunikasi yang sering digunakan pada zaman serba moderen ini, terutama ketika pandemi mewabah. Tak hanya itu Leptop juga mengalami perkembangan baik bentuk fisiknya dan fitur-fitur lain.

Leptop memiliki berbagai manfaat terutama bagi kalangan pekerja kantoran dan kalangan pelajar, namun semua kalangan boleh kok memanfaatkan keberadaan leptop.

Lalu muncul pertanyaan tahun berapa leptop pertama kali ditemukan? Siapa pencetus tekhnologi secanggih ini? Dan apa asal usul dinamai dengan kata leptop? yuk simak ulas

Sejarah Laptop dari Masa Ke Masa

Sejarah munculnya leptop tercatat pada tahun 1970, pada tahun itu wacana dan perbincangan dikalangan atas telah mendesain sebuah alat yang bernama leptop dan strategi produsennya. Sejak itu juga muncul komponen mikro dengan fungsi yang berbeda-beda

Tahun 1975 muncul IMB Portable PC 5100 yang dibuat secara khusus untuk penjumlahan dan pengurangan dalam sistem ilmu matematika. Setelah adanya IMB PC 5100 muncul produk baru dengan fitur lebih lengkap seperti IMB Portable PC 5110 dan Heathkit H9.

Obsorne Computer Corporation pada tahun 1981 telah berhasil membuat perangkat yang diberi nama Obsorne. Meskipun terjadi banyak masalah dan kekurangan, tetapi penemuan ini yang menjadi awal mula penemuan leptop.

Pada tahun 1983 Gavilans berani menjual dan mempromosikan leptop pertama kali. Berat perangkat yang ia tawarkan mencapai 4 kg dengan kekuatan batrai sembilan jam.

Sementara itu Compaq pada tahun 1980 berhasil merilis Compaq SLT 286 yang resolusinya VGA & prosesornya 28. Leptop mulai mendunia pada akhir tahun 1990 dengan munculnya Minisport Znith data system dan pula 20 mb Hard Drive.

Uncul juga merilis Macitosh portable sebagai inovasi besar pada dunia laptop dapat bersaing dengan merek lain. Meskipun masih dengan berat yaitu 8 kg, namun sudah mempunyai layar 9,8 inci dilengkapi resolusi 640×400 pixel.

Panasonic juga turut adil dalam persaingan ini, dengan produk model toughbooks keluaran tahun 1996. Pihak Panasonice juga mengklim bahwa bisa bertahan meski dijatuhkan dari ketinggian 70 cm.

Akhir dari persaingan yang bermacam-macam tipe, kelebihan dan kekurangan, pada tahun 2000-an mulai muncul inovasi leptop ramping atau tipis. Bahkan produsen menambah bermacam-macam fitur penunjang untuk menjadi leptop ideal pekerja kantor.

Kegunaan dan Fungsi Laptop

Berikut kegunaan dan fungsi leptop secara umum yaitu:

  1. Alat Hiburan

Leptop juga bisa digunakan untuk media hiburan seperti menonton filem, mendengarkan radio, main game dan banyak lagi. Selain itu leptop bisa digunakan untuk bermain game secara live untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

2. Mengetik dan Presentasi

Zaman dulu media ketik sangat jarang ditemui, selain mesinnya yang berisik dan ribet penguna akan dibuat pusing jika salah ketik karena tidak bisa dihapus. Sekarang mudah ketik artikel, surat, proposal skripsi dan lain-lain tinggal buka leptop.

Selain itu fitur leptop juga bisa merubah font dan besar kecilnya teks yang hendak dibuat. Fitur yang dimaksud seperti Ms. Word, Wordpad dan banyak lagi.

3. Media Penyimpanan Data

Dokumen yang anda miliki juga bisa disimpan dalam leptop, sehingga dapat mengurangi kapasitas penyimpanan gawai anda. Penyimpanan data ini juga bermanfaat untuk menyimpan file drama korea.

4. Edit Foto, Desain & Video

Leptop juga mempunyai fungsi sebagai alat untuk mengedit foto, video dan juga untuk membuat desain. Aplikasi tambahan untuk membuat desain antara lain corel draw, pait, canva. Sedangkan untuk edit foto bisa menggunakan photoshop dan after effect.

5. Alat Komunikasi

yang terakhir ialah sebagai sarana komunikasi jarak jauh. Terutama saat pandemi yang mengharuskan sekolah dari rumah. Adapun aplikasi untuk komunikasi antara lain zoom, gmeet, dan banyak lagi.

Komponen Laptop dan Fungsinya

Laptop juga memiliki komponen yang tak jauh berbeda dengan komputer. Hanya saja komponen ini digabung dengan ukuran lebih kecil. Apa saja komponen penyusun leptop? Berikut daftar-daftarnya :

  1. Motherboard

Fungsi dari motherboard ini untuk menghubungkan dengan konektor lain seperti power. Motherboard komputer memiliki perbedaan dengan motherboard laptop sebab terdapat bagian yang terhubung dengan port lainnya.

2. Chasing

Chasing merupakan tempat untuk meletakan semua komponen dalam leptop, seperti LCD, Keyboard dan bagain bagian lain. Dengan adanya alat ini perangkat keras kan terlundungi serta menjadi pendukung utama dalam hal kinerja dan body leptop.

3. Baterai

Tak berbeda dengan perangkat elektronik lainnya, leptop juga memerluhkan batrai sebagai sumber utama pasokan daya kesemua sistem. Fungsi dari batrai ini agar penguna bisa menggunakan leptop di luar ruangan seperti tempat umum, sekolah dan kantor.

4. LCD

Apa sih tugas LCD/Layar laptop? Fungsi dari LCD untuk menampilkan teks, gambar, maupun visual kepada penglihatan. Jika LCD pecah hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menganti lcd baru yang harganya terkandang mahal.

5. Keyboard

Memiliki fungsi untuk memasukkan data yang berupa angka, simbol dan huruf. Agar lebih ringkas keyboard dikemas dengan seminimal mungkin agar terlihat rapi dan elegan.

6. Prosesor/Processor

Ini merupakan otak dari leptop, prosesor ini terhubung langsung dengan board sistem melalui soket CPU. CPU kini sudah moderen karena memiliki fitur yang baik serta hemat daya dan tidak mudah panas.

7. RAM Laptop

Random Acces Memory (RAM) merupakan sebuah perangkat dengan fungsi menyimpan data secara sementara sebelum di simpan permanen di media penyimpanan lainnya. Besar kecil RAM juga berpengaruh kepada kinerja leptop tak jarang leptop mahal memiliki RAM yang besar juga.

8. Harddisk

Harddisk merupakan komponen dengan berfungsi sebagai penyimpanan data permanen. Data yang kalian simpan akan tetap ada selama kalian tidak menghapusnya. Bentuk penyimpanan harddisk biasanya berupa ukuran Giga, contohnya 250 GB, 320 GB & 500 GB.

9. DVD Room Drive/CD

Ini merupakan komponen pendukung agar leptop bisa membaca CD, namun semakin berkembamgnya teknologi DVD Room ini jarang dipakai di leptop sekarang.

10. Touchpad

Apakah touchpad itu? Komponen ini merupakan perangkat input dengan fungsi mengerakan pointer pada layar LCD.

11. Video Graphic Adapter (VGA) Card

VGA ini merupakan serangkain alat agar bisa dimasukan kabel VGA, jika rusak VGA dapat diperbaiki dengan cara membongkar leptop dan diganti dengan VGA yang baru.

12. Fungsi Laptop Web Camera

Web Camera juga berfungsi sebagai penambah intertior leptop, fungsinya sebagai visual kamera agar kamu bisa berselfi atau video call dengan temanmu.

13. Sound Card

Komponen ini berfungsi sebagai alat pengeras suara, dengan adanya komponen ini anda bisa mendengarkan musik dan mendengarkan suara pada filem yang kalian play.

14. Screen Inverter Board

Kinerjanya ialah suatu daya untuk lampu blacklight yang terpasang di dalam layar lcd.

15. LCD Screen Cable

Screen kabel berfungsi untuk mentransfer sinyal data dari motherboard dan kartu video ke layar LCD. Selain itu juga sebagai kabel video dengan power supply tegangan DC tinggi dari layar inverter.

16. Display Hinges

Display Hinges merupakan engsel antara layar dan komponen mesin laptop. Dengan adanya komponen ini leptop bisa dibuka dan ditutup sehingga mudah dikemas.

Cara Membersihkan Komponen Dalam Laptop

Setelah mengetahui komponen-komponen jangan lupa untuk selalu membersihkan secara berkala agar tidak mudah rusak dengan alat-alat seperti obeng, kain, kuas, cairan pembersih leptop.

Langkah pertama mematikan laptop, kemudian mencopot baterai dari charger adaptor, dan mulai membuka chasing, keyboard dan lain sebagainya.

Selanjutnya dibersihkan dari debu dan kotoran, paling tidak lakukan pembersihan 3 bulan sekali untuk hasil yang maksimal.

Itu dia beberapa fungsi laptop berdasarkan dari komponennya untuk menyusun menjadi laptop.

Spek Laptop yang Bagus

Sebelum membeli leptop alangkah baiknya pperhatikan sepesifikasi dari leptopnya. Karena akan mempengaruhi kinerja leptop. Selain itu spesifikasi yang bagus akan enak digunakan bekerja atau game.

Berikut langkah mengetahui fitur leptop yang bagus, berikut ciri-ciri pokoknya:

  • Desain keren minimalis
  • Grafis kelas menengah atas
  • Prosesor Kuda
  • Layar dengan berkualitas terbaik
  • Audio kualitas terbaik
  • Ruang penyimpanan minimal 500 GB untuk kinerja yang ideal
  • Daya baterai tahan lama

Demikianlah rangkaian informasi yang telah kami jabarkan, Semoga dengan adanya pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.***

Mungkin Anda Suka