18 Manfaat Membaca Surat Maryam Bagi Ibu Hamil, Segera Amalkan Yuk Bunda

Sunanesia.com Membaca Al-Quran memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya dapat memberikan ketenangan.

Begitu pula untuk Ibu hamil, kali ini akan kami sampaikan manfaat membaca surat Maryam bagi Ibu Hamil.

Kita ketahui bahwa terkadang ibu hamil berada dalam kondisi lemah dan capek namun hal tersebut masih bisa mendengarkan atau membaca Al-Quran.

Jika ibu hamil sering membaca surat Marya dipercaya memiliki keutamaan salah satunya agar anak dalam kandungan menjadi solih atau solihah.

Berikut keutamaan dan manfaat membaca surat Maryam bagi ibu hamil yang telah sunanesia.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Wasilah Untuk Keimanan

Dalam Surat Maryam berisi Allah Maha berkehendak atas segala sesuatu dan tidak ada yang tidak mungkin baginya.

Seperti kisah Nabi Zakaria yang diberi anak di usia yang sudah tua, tentang Nabi Isa yang jelas bukan anak Allah sebab mustahil.

Kisah-kisah di atas menjadi teladan keimanan dan doa keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil agar anak yang dikandungnya memiliki keimanan yang baik.

2. Sebagai Bentuk Ikhtiyar

Hal ini bersumber dari Al-Quran ayat 4-5 yang memiliki arti sebagai berikut:

“Dia berkata : Ya Tuhanku, sungguh tulang ku telah lemah dan kepala ku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepadaMu. Dan sungguh, aku khawatir terhadap kerabat sepeninggalku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugrahilah aku seorang anak dari sisi Mu” (QS Maryam : 4-5).

3. Mendapat Kasih Sayang Allah

Hami merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah baik bagi Ibu hamil maupun keluarganya, sebab anak adalah rezki sebagaimana arti dari surat Maryam ayat 7 berikut:

“Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah emmebrikan nama itu sebelumnya (QS Maryam : 7)

4. Surat Maryam adalah Doa Agar anak berbakti

“Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya dan dia bukan orang yang sombong bukan pula orang yang durhaka”. (QS Maryam : 14).

Terjemah ayat di atas merupakan doa agar anak yang dikandung menjadi akan yang berbakti kepada kedua orang tua.

5. Tanda Kebesaran Allah

Hal ini sesuai dari terjemah ayat sebagai berikut:

“Dia (Jibril) berkata ; demikianlah Tuhanmu berfirman, hal itu mudah bagi Ku dan agar kami menjadikannya suatu tanda kebesaran Allah bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami”. (QS Maryam : 21).

Hal ini menjadi tanda kebesaran Allah, tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah termasuk kehamilan yang juga merupakan kebesaran Allah.

6. Agar Berprasangka Baik

“Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya bersandar pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata : wahai betapa baiknya aku mati sebelum ini dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan. Jibril berkata janganlah engkau bersedih. Goyangkanlah pohon kurma itu niscaya akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu”. (QS Maryam : 23 – 25).

7. Bukti KeEsaan Allah

Sebagaiman terjemah ayat yang artinya sebagai berikut:

“Tidak patut bagi Allah mempunyai anak, Mahasuci Dia, apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya, jadilah! Maka jadlah sesuatu itu”. (QS Maryam : 35).

Ayat ini juga menjelaskan bahwa Nabi Isa bukanlah anak Allah sebagaimana yang orang-orang kafir percayai.

8. Peringatan Untuk Umat Manusia

Terdapat ayat yang bila diterjemahkan sebagai berikut:

“Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan yaitu ketika segala perkara telah diputus, sedang mereka dalam kelalaian dan mereka tidak beriman”. (QS Maryam : 39).

Ayat tersebut juga merupakan sebuah doa untuk bayi supaya kelak menjadi orang beran sehingga tidak menyesal pada hari akhir.

9. Contoh Teladan Ketaatan

“Dan aku akan menjauhkan diri darimu dan apa yang engkau sembah selain Allah”. (QS Maryam : 48).

Ayat 48 Surat Marya memiliki manfaat apabila teru dibaca dan diamalkan maka akan datang ketaatan yang semakin meningkat.

10. Wanita Sholehah

“Maryam berkata : bagaimana mungkin aku memiliki seorang anak laki laki padahal tidak ada laki laki yang pernah menyentuhku”. (QS Maryam : 20).

Ayat ini memiliki keutamaan bagaimana menjadi wanita sholeh seperti Maryam.

11. Sebagai Wanita Penyabar

“Maka dia mengandung dan mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh”. (QS Maryam : 22).

Dikisahkan Maryam harus mengasingkan diri agar terhindar dari fitnah padahal beliau tidak pernah disentuh oleh lelaki, Maryam dengan kesabarannya menerima takdir Allah.

Begitu pula sebagai ibu hamil harus bersabar ketika menghadapi ujian, wajib menerima takdir dan mensyukuri anugrah kehamilan.

12. Doa Agar Anak Sholeh

“Kami jadikan rasa kasih sayang kepada sesama dari Kami bersih dari dosa. Dan diapun seseorang yang bertaqwa”. (QS Maryam : 13).

Ayat di atas merupakan doa agar anak yang dikandung kelak menjadi orang yang bertaqwa.

13. Anjuran Untuk Berdoa Hanya Kepada Allah

“Yaitu ketika dia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut”. (QS Maryam : 3).

14. Bukti Allah Maha Mendengar

“Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan memiliki anak padahal istriku seorang yang mandul dan aku sendiri sudah mencapai usia yang sangat tua?”. (QS Maryam : 8).

15. Berisi Kisah Kisah Orang Sholehah

Termasuk keutamaan surat Maryam terdapat berbagai kisah orang sholehah seperti kisah Nabi Zakaria, Maryam, dan Nabi Musa.

16. Bukti Kebesaran Allah

Ibu hamil merupakan wujud kebesaran Allah dan rejeki besar untuknya.

17. Perintah Bertaqwa Kepada Allah

Surat Maryam memiliki banyak kisah teladan maka Allah memerintahkan pada ibu hamil dan semua umat mukmin agar senantiasa bertaqwa.

Demikian artikel yang berjudul 18 Manfaat Membaca Surat Maryam Bagi Ibu Hamil, Segera Amalkan Yuk Bunda.

Semoga bermanfaat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *